hari sabtu ada ujian PERENCANAAN BISNIS mungkin untuk memudahkan teman - teman.
saya sudah membuat prediksi soal yang muncul di ujian nanti
Semoga bermanfaat...
saya sudah membuat prediksi soal yang muncul di ujian nanti
Semoga bermanfaat...
SOAL PERENCANAAN BISNIS
1. Apa yang dimaksud dengan perencanaan bisnis
Perencanaan bisnis adalah suatu tindakan
tertulis yang menggambarkan secara sistematis suatu usaha/bisnis yang
diusulkan.
2. Apa pentingnya perencanaan bisnis ?
Perencanaan bisnis penting untuk
memperlihatkan:
-
Kemana perusahaan kita akan menuju
-
Dimana posisi perusahaan kita sekarang
-
Bagaimana
cara kita untuk mencapai untuk mencapai tujuan itu dari posisi yang
sekarang
3. Apa tujuan dari perencanaan bisnis ?
-
Untuk mengidentifikasi lingkup dan konteks
kesempatan bisnis
-
Menyajikan pendekatan didalam mengekploitasi
kesempatan tersebut
-
Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan
keberhasilan usaha
-
Sebagai alat untuk menaikkan modal/penerimaan
4. Apa kegunaan perencanaan bisnis ?
-
Kegiatan penelitian yang akan/sedang berjalan
tetap pada jalur yang direncanakan
-
Pedoman untuk mempertajam rencana-rencana yang
diharapkan
-
Alat untuk mencari dana dari pihak ketiga
5. Sebutkan Keunggulan rencana bisnis menurut
douglas?
-
Mendorong berpikir kedepan
-
Membantu menilai pelanggan, area pemasaran,
strategi harga dan kondosi persaingan
-
Menuntun pada posisi kompetisi yang lebih baik
-
Memusatkan usaha terhadap penyimpangan dari
rencana
-
Membantu dalam pembuatan keputusan dan pemilihan
-
Menetapkan kapan dan jumlah investasi yang
diperlukan
-
Alat penjualan yang sangat efektif
-
Membantu menilai kemajuan yang telah dicapai
6. Sebutkan karakteristik perencanaan bisnis !
-
Disusun berdasarkan pertimbangan kebutuhan dan
keinginan masing-masing bisnis secara individual
-
Harus menggambarkan dengan jelas karakteristik
bisnis yang sedang atau akan dilaksanakan, sehingga pihak-pihak yang tertarik
dengan bisnis tertentu dapat melihat secara transparan dan mengerti secara
jelas prospek perkembangan bisnis tertentu dimasa yang akan datang.
-
Harus membuat alasan-alasan atau asumsi yang
digunakan sebagai dasar perhitungan besarnya permintaan dan proyeksi penjualan,
perhitungan harga poko penjualan, asumsi strategi-strategi yang akan dilakukan,
serta berbagai strategi manajemen untuk pengembangan bisnis tertentu.
7. Sebutkan model perencanaan bisnis !
-
Perencanaan bisnis baru (business penetration)
-
Perencanaan pengenbangan bisnis (economic of
scale dan economic of scope)
8. Sebutkan apa saja yang harus ada dalam isi
perencanaan bisnis
-
Ringkasan eksekutif
-
Pendahuluan
-
Pencapaian dan terget bisnis
-
Analisi SWOT perusahaan
-
Rencana pemasaran
-
Rencana produksi
-
Perencanaan organisasi
-
Rencana pembiayaan
-
Referensi
-
Lampiran-lampiran
9. Hal –hal apa saja yang harus dihindari saat
menyusun perencanaan bisnis ?
-
Tujuan dan sasaran yang tidak realistis
-
Kegagalan untuk mengantisipasi masalah yang
mungkin timbul
-
Tidak adanya komitmen dari para pelaku/pembuat
keputusan
-
Tidak ada nya “market niche”
10. Apa yang dimaksudu dengan ide bisnis ?
Ide bisnis adalah segala konsep pikiran dan
pengetahuan, sebuah mental, pandangan, keyakinan atau rencana dari
kegiatan-kegiatan usaha.
11. Sebutkan dan jelaskan tipe-tipe ide memulai
usaha !
-
Tipe a => new market adalah duplikasi dari
ide yang telah ada ditempat lain
-
Tipe b => new technology adalah menciptakan
barang/jasa/proses yang benar-benar baru
-
Tipe c => new benefit adalah memodifikasi
sesuatu agar lebih bernilai/ memperbaiki sesuatu yang sudah ada.
12. Sebutkan sumber-ssumber ide menurut
Longenecker (1991) !
-
Pengalaman pribadi
-
Hobi
-
Penelitian
-
Temuan kebetulan
13. Sebutkan sumber-ssumber ide menurut
Soesarsono !
-
Informasi (dari orang lain, membaca, melihat dan
mendengar)
-
Ilmu pengetahuan (pendidikan, pelatihan)
-
Adanya tuntutan (permintaan dan kebutuhan)
14. Sebutkan 9 teknik mendapatkan ide menurut
Douglas (1996)
a.
Tukar pikiran
Ø
Diskusi kelompok
Ø
Rapat
b.
Berandai-andai
Mengubah mimpi jadi kenyataan :
Ø
Memperoleh uang
Ø
Menjadi bos
Ø
Menjadi orang yang dihormati dan disegani
Ø
Meningkatkan kepuasan hidup
c.
Kawin silang
Pencarian pribasi yang memiliki ilmu, pengetahuan, pekerjaan, pengalaman
dan ide yang berbeda untuk membuat peluang pertukaran pikiran
d.
Keingintahuan
Ø
Kembangkan rasa ingin tahu
Ø
Buat sesuatu berdasarkan rasa ingin tahu
Ø
Periksa apa yang sudah dikerjakan
e.
Pendekatan tidak langsung
Diskusi kelompok
Ø
Membahas sebagian ide yang akan dikembangkan
karena tidak memungkinkan membahas secara menyeluruh
Ø
Berguna saat menemui jalan buntu dan harus
mempertimbangkan pendekatan baru
f.
Pendekatan ensiklopedia
Ø
Melibatkan riset ekstensif
Ø
Semua informasi diakumulasi dan digolongkan dalam
beberapa katagori dinilai untuk memperoleh ide
g.
Komponen yang dimodifikasi
Ide baru dari modifikasi ide lama
Ø
Pilih produk atau jasa yang akan disempurnakan
Ø
Membuat daftar tentang semua bagiannya dengan
sistematis
Ø
Modifikasi sesuai dengan tujuan
h.
Analisis Sistematis
Menemukan kombinasi yang memungkinkan untuk memecahkan masalah
Ø
Temukan masalah
Ø
Tentukan dan buat semua variabelnya -> buat
cara melakukan pemecahan masalah disetiap variabel
Ø
Gunting setiap variabel dan pemecahan masalahnya
masing-masing
Ø
Campur dan pasangkan setiap variabel dan
pemecahan masalah -> ide baru
i.
Meditasi
Relaksasi untuk mental
Ø
Meningkatkan keyakinan diri
Ø
Memuaskan diri pada cita-cita
Ø
Merangsang ide
Ø
Kesiapan mental
Ø
Menciptakan daya inovatif
ini dia blog aku klik aja
Konsep awal pada posting pertama adalah pertanyaan, mungkin lebih enak di baca ketimbang yang berikut ini. tapi kalli ini agar lebih memahami bahan mata kuliah ini , saya membuat teori nya dahulu sehingga teman-teman bisa membuat pertanyaan dari teori-teori yang saya tampilkan. diharapkan dengan sistem ini teman-teman dapat mengerti lebih mendalam...
Model Perencanaan Bisnis
ada dua macam model perencanaan bisnis
1. perencanaan pendirian bisnis
2.Perencanaan Pengembangan Bisnis
perlu diketahui bahwa sanya pendirian dengan pengembangan bisnis memerlukan perencanaan yang berbeda, hal ini di bedakan atas dua hal yaitu berdasarkan orientasinya dan berdasarkan pendekatan yang dilakukan
untuk lebih jelasnya sebagai berikut :
1 Perencanaan Pendirian Bisnis
dalam pendirian bisnis, strategi yang kita pakai disebut dengan strategi penetrasi.
Dimana Penetrasi pasar adalah suatu strategi yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk meningkatkan penjualanya atas produk dan pasar yang telah tersedia melalui usaha -usaha pemasaran yang lebih agresif.(dari sini pengertiannya )
kemudian ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan pendirian bisnis
1. orientasi pasar
2. orientasi produksi
3. orientasi profit
rinciannya sebagai berikut
1. Orientasi Pasar
Perencanaan strategi berorientasi pasar adalah sebuah proses manajerial untuk membangun dan memelihara jalan yang baik antara tujuan-tujuan organisasi, keahlian-keahlian, sumber daya dan peluang-peluang yang diakibatkan perubahan pasar.
Perusahaan dengan orientasi pasar yang rendah hanya memiliki pemahaman yang dangkal terhadap persaingan dan kebutuhan pelanggan. Dengan begitu, pelanggan lebih mudah tertarik kepada pesaing yang memberikan penawaran customer value (nilai pelanggan) lebih baik atau bahkan sama. Bagi perusahaan, hal ini akan menyebabkan posisi persaingan yang tidak terfokus. Perusahaan yang berorientasi pasar harus menekankan perhatian dan kemampuannya pada pelanggan (customer) guna terciptanya nilai pelanggan yang superior guna meningkatan keunggulan bersaing perusahaan.
2. Orientasi Produksi
berkaitan dengan jumlah output dan karakteristik output
orientasi produksi artinya produk yang diproduksi oleh perusahaan menggunakan biaya yang serendah mungkin untuk di jual dengan harga yang murah sehingga produk mampu bersaing di pasar.
3. Orientasi Profit
didalam orientasi profit hal yang perlu di ingat, ketika suatu perusahaan menginginkan pendapatan yang besar maka perusahaan itu juga harus memikirkan besarnya risiko yang harus mereka tanggung.
jadi orientasi profit adalah kajian tentang adanya kaitan antara pendapatan dengan risiko.
sangat berbahaya suatu perusahaan yang menempatkan diri concern pada orientasi profit.
2.Perencanaan Pengembangan Bisnis
Strategi yang digunakan untuk sebuah perusahaan yang melakukan pengembangan bisnis nya adalah strategi ekspansi.
ada 3 macam strategi yang tersedia
1.Economics of Scale
adalah tindakan aktif untuk memperluas dan memperbesar cakupan usaha yang telah ada. dimana dengan perluasan perusahaan akan meningkastkan produktivitas dan membuat terjadinya penurunan average total cost per unit sehingga profit perusahaan bertambah.
Contohnya pabrik indomie kita telah memproduksi indomie untuk kebutuhan nasional, karena pasar Asean masih terbuka, maka pabrik indomie tersebut melakukan ekspansi usahanya ke negara-negara Asean dengan membuka pabrik indomie baru guna memenuhi kebutuhan dari negara yang bersangkutan.
2. Economic of Scope
terdiri dari vertikal integration dan horizontal integration
contoh merger (penyatuan dua perusahaan atau lebih)
dimana :
a. merger vertikal adalah : Perusahaan masih dalam satu industri tetapi beda level atau tingkat operasional. Contoh : Restoran cepat saji menggabungkan diri dengan perusahaan peternakan ayam.
b. Merger Horisontal
Perusahaan dalam satu industri membeli perusahaan di level operasi yang sama. Contoh : pabrik komputer gabung dengan pabrik komputer.
c. Business life Cycles
Ada lima tahap yang berbeda dalam siklus hidup Bisnis. Saya akan mulai dengan gambar dan kemudian pindah ke sebuah diskusi singkat:
- Tahap 0 - Tahap aspirasi = orang yang ada di tahap ini sudah mempunyai ide bisnis, tetapi belum berani memulainya, maka dia belum di sebut sebagai pengusaha..
- Tahap 1 - Tahap Entri = Mereka adalah orang yang telah memutuskan untuk memulai bisnis dan secara aktif membangun pasar mereka dan menawarkan.. Mereka mungkin tidak memiliki banyak atau pelanggan, tapi mereka tidak hanya berdiam diri saja maka tahap ini orang ini sudah menjadi seorang pengusaha.
- Tahap 2 - Tahap Pertumbuhan = Pengusaha dalam tahap pertumbuhan memiliki rencana bisnis dan tumbuh aliran pendapatan mereka dengan klien baru dan pelanggan.. Mereka berproduksi secara terus-menerus dan berjalan dengan kapasitas penuh, tapi tidak di pungkiri bahwa mereka memiliki model bisnis yang layak.
- Tahap 3 - Tahap Percobaan = Pengusaha dalam tahap pertumbuhan berada dalam titik puncak kejayaan di mana mereka bekerja solid dan penuh tekanan, tetapi permintaan untuk barang dan jasa mereka melampaui kemampuan mereka untuk memenuhi kebutuhan itu.. terkadang mereka harus merelakannya, tetapi banyak kali mereka tidak ingin melepaskan dari aktivitas bisnis yang mereka dapatkan untuk tahap ini.
- Tahap 4 -. Tahap petualang Pengusaha dalam tahap pertumbuhan telah menemukan apa yang membuat mereka sukses dan terbatas pada Tahap 3 dan menjalankan tekanan penuh. Mereka memiliki tim yang diperlukan dan dukungan yang memungkinkan mereka untuk fokus pada kompetensi inti mereka, atau, jika mereka tidak memiliki rencana spesifik di tempat untuk mendapatkan sumber daya itu.
PENDEKATAN PENGEMBANGAN BISNIS
pengembangan dalam hal :\
pengembangan dalam hal :\
- kapital/modal
- pertumbuhan produk
- unit bisnis
- lingkup operasi
- area pasar
- lainnya
- pengembangan kapital/modal
- perseorangan
- persekutuan
> partnership
> keluarga
> kelompok terbatas
- korporasi
> tertutup
> terbuka
2.pendekatan pengembangan produk
terdiri dari produk tunggal, produk garis dan produk aneka
3. pendekatan pengembangan unit bisnis
terdiri dari entitas, divisional, unit bisnis dan korporasi
4. pendekatan pengembangan unit operasi
terdiri dari :
- independen (mis : produksi)
- lingkup ke belakang (mis :pasokan)
- lingkup ke depan (mis :distribusi, pengolahan)
- lingkup ke samping (mis : cabang)
- lingkup ke semua arah (mis : holding)
5. pendekatan pengembangan area pasar
lokal, regional, domestik,dan internasional
6. pendekatan pengembangan lainnya dibedakan:
- level teknologi (manual ke digital )
- level sumber daya manusia (teknikal ke konseptual)
- level sumber daya alam (makro-unsur ke mikro-unsur)
ANALISIS SITUASI BISNIS
Atmosfir Bisnis adalah Lingkungan yang mempunyai efek sangatbesar terhadap keberlanjutan suatu bisnis.
yang terdiri dari :
Dinamika Sistem Ekonomi
Trend Teknologi
Kekuatan Kompetitif
Pergeseran Sosial–Budaya
Situasi Politik–Hukum
Bisnis Global
1. DINAMIKA EKONOMI
Kondisi sistem ekonomi terhadap operasi suatu bisnis (PDB, Inflasi, Employment , dll)
Sistem kepemilikan (Mis : Konsentrasi aset)
Contract Laws (Mis : perijinan, patungan, dll)
Tingkat korupsi (Mis : biaya transaksi, dll)
Mata uang yang tradable (pasar uang global)
Pajak dan regulasi yang minimum
2. TREND TEKNOLOGI
Kondisi yang dapat memberikan berbagai cara/metode suatu perusahaan untuk meningkatkan /menciptakan nilai bisnis
Produktivitas
Kapabilitas
Kapasitas
Informasi
3. KEKUATAN KOMPETITIF
ada 5 macam :
a. Intensitas Persaingan Langsung
Persaingan yang intensif akan terjadi pada industri yangmemiliki ciri-ciri :
Terjadi kelebihan kapasitas produksi
Produk dan jasa yang dihasilkan bersifat standar
Terdapat banyak pesaing
Pertumbuhan industri yang lambat
b. Kekuatan Pembeli
Pembeli industri akan memiliki kekuatan negosiasi yanglebih besar manakala di dalam industri terdapat pembelidengan jumlah sedikit, produk yang ditawarkan relatifsama, switching cost relatif kecil (biaya untuk berpindahdari satu pemasok ke pemasok lain
c. Ancaman dari pendatang baru
Apabila hambatan untuk masuk ke dalam industri rendahmaka tidak mungkin bagi perusahaan untukmempertahankan monopoli atas laba dalam jangka waktuyang lamaBentuk hambatan masuk industri :
Paten dan aturan hukum
Skala ekonomis
Kebutuhan modal yang besar untuk memasuki industri
Merek yang kuat
Ancaman penghancuran usaha oleh pemimpin pasar
Akses terhadap saluran distribusi
d. Ancaman produk substitusi
Produk substitusi merupakan pesaing tidak langsungyang dapat menurunkan permintaan terhadap produk danharga yang ditawarkan perusahaanBeberapa jenis produk substitusi :
Produk alternatif
Produk baru
Berkurangnya kebutuhan
Subsitusi generik (seluruh produk apapun salingbersaing untuk mendapatkan uang konsumen)
Tidak menggunakan produk sama sekali
e. Kekuatan Pemasok
Pemasok dapat mengurangi profitabilitas suatuperusahaan apabila mereka dapat memaksakankenaikan harga pasokan lebih cepat dibandingkandengan kemampuan pasar untuk menerima kenaikanharga
Kekuatan pemasok menguat pada saat :
Jumlah pemasok sedikit
Pemasok memiliki produk yang unik atau merek yang kuat
Biaya untuk berganti pemasok tinggi
Merek yang kuat
Pemasok dapat melakukan penggabungan ke depan sehinggamengancam kelangsungan bisnis perusahaan
Terdapatnya sejumlah besar pembeli dengan skala usaha yang kecil
4. SOSIAL - BUDAYA
Kondisi yang mencakup kebiasaan, adat istiadat,nilai dan karakteristik demografis masyarakat ditempat bisnis beroperasi
Keanekaragaman/diversity
Perubahan Demografi (studi statistik daripopulasi manusia)
Perubahan keluarga
5. HUKUM - POLITIK
Kondisi yang mencerminkan hubungan antarabisnis dan pemerintah, biasanya dalam bentukREGULASI PEMERINTAH
Perijinan
Perpajakan
Lingkup Bisnis
Badan hukum
Dll (amdal, umr, tk lokal)
6. BISNIS GLOBAL
Kompetisi global
Pedagangan bebas
Pentingnya komitmen mutu
MENGAPA ANALISA PASAR PENTING
Pasar mengarahkan segala sesuatuBeberapa alasan penting :
1.Untuk mengetahui bagian pasar, besar pasardan perkembangannya
2.Untuk memahami konsumen (pasar) yangdihadapi
Bagaimana untuk tetap terhubung(informasi pasar)Beberapa hal dapat dilakukan :- Membaca- Surfing di dunia maya- Partisipasi- Kunjungan- Mendengar
MENDEFINISIKAN PASAR
Sebuah pasar biasanya didefinisikan oleh jasa dan barang yang ditawarkan, sertaeksistensi konsumen jasa dan barang tersebutContoh : Pasar makanan siap saji
Didefinisikan berdasarkan apa yangdilakukan oleh kompetitor terhadap konsumen
Pasar dapat didefinisikan dengan sangatluas atau sangat sempit sesuai dengankeinginan
Contoh : pasar komunikasi vs pasar komunikasi mobile
Berhati-hatilah untuk tidak mendefinisikandengan cara yang sangat berbeda denganpersepsi umum
MENGHITUNG PASAR
Menghitung seberapa pasar Anda berkaitandengan pemasukan bersih dan kotor
Biasanya diukur dengan hal yang berkaitandengan pemasukan industri terkait oleh semuaperusahaan yang berkompetisi dalam pasar
Informasi yang dibutuhkan setidaknya tigatahun terakhir (analisa tren)
Setiap bagian dari data harus berkenaandengan konsumen, tipe konsumen, alurdistribusi, tipe produk, dll)
MEMBUAT DATA SENDIRI
Dilakukan jika tidak ada data pasar samasekali
Harus membuat sendiri perkiraan yangmatang berdasarkan informasi yang telah ada
Caranya dengan mengidentifikasiperusahaan terbesar dalam industri yangsedang Anda rencanakan untuk digeluti
Langkah-langkah yang dapat dilakukan :
1.Mengidentifikasi pemain terbesar dalamindustri (jika tidak yakin tanyalah beberapakonsumen
2.Menebak berapa total pasar yang dikontrol(harus ada keberanian)
3.Perkirakan penerimaan kompetitor (bagiantersulit)
MEMBEDAH PASAR
Mendeskripsikan pasar- Bagaimana pasar berkembang- Bagaimana pasar tersebut bekerjaBeberapa komponen komprehensif yang dapatdigunakan untuk mendeskripsikan pasar 1.Produk dan jasa
2.Konsumen
3.Kompetitor
4.Alur distribusi
5.Aktivitas promosional
6.Rata-rata margin
7.Analisa lain
MEMPROYEKSIKAN MASA DEPAN
DASAR PROYEKSI MASA DEPAN
- Pendapat para pakar/hasil kajian sebelumnya
- Keberlanjutan trend saat ini
- Antisipasi perkembangan masa depan
KUNCI INFORMASI PASAR
Daftar cek berkenaan dengan detail informasi pasar yangmenjadi kunci pengembangan strategi jangka panjangperusahaan :
1.Definisi pasti dari industri, pasar, konsumen, produksi dan jasa
2.Ukuran pasar saat ini
3.Catatan pemasukan industri dan angka pertumbuhan
4.Perkiraan pertumbuhan pasar dalam tiga sampai lima tahun kedepan
5.Daftar perusahaan yang menjadi pemain utama dalam industri
6.Perkiraan pangsa pasar yang dikuasai pemain utama
7.Perkiraan keuntungan rata-rata perusahaan
8.Profil konsumen dan jalur distribusi
9.Daftar konsumen terbesar industri, dengan perkiraan pembeliantahunan
10.Tren industri terkini dan masa depan
PERENCANAAN PEMASARAN
Unsur pembentuk rencana pemasaran ada 2 yaitu :
1. Market selection (seleksi pasar) atau disebut dengan STP
- Segmenting
- Targeting
- Positioning
2. Marketing mix (bauran pemasaran) atau disebut 4P
- Product
- Price
- Place
- Promotion
Untuk lebih lengkap tentang keterangannya dan agar lebih mudah untuk dipahami, saya akan menshare tulisan teman kita juga dari dunia maya, (sumber: klik ini) karena saya pikir tulisan ini sangat bagus. Dikarenakan kata-katanya yang mudah dimengerti dan terdapat contoh-contoh untuk memperjelas teori yang di tampilkan. berikut hasil nya .
Dalam ilmu marketing kita mengenal STP dan 4P sebagai strategi pemasaran produk ataupun jasa. STP adalah singkatan dari Segmentation, Targeting dan Positioning sedangkan 4P adalah singkatan dari keempat unsur dalam marketing mix, yakni Product, Price, Place dan Promotion. STP dan 4P akan selalu muncul dalam marketing, apa pun konteksnya.
Segmentation: Adalah upaya memetakan atau pasar dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.
Targeting: proses pengevaluasian daya tarik masin-masing segmen pasar serta pemilihan satu atau lebih segmen yang akan dimasuki.
Positioning: pengaturan agar suatu produk menempati tempat yang jelas, terbedakan, dan diinginkan dalam benak konsumen sasaran dibandingkan dengan produk pesaing.
Dalam rangkaian proses marketing, STP ini ada di tahap awal yang paling penting yakni mengidentifikasikan customer value. STP ada di level strategis karena menentukan bagaimana kita menggarap pasar.
Product: Pertama-tama, untuk masuk ke pasar, kita harus memiliki produk yang bagus sesuai dengan target pasarnya
Price: Produk tersebut harus memiliki harga yang sesuai dengan target pasar.
Place: Lokasi atau tempat yang kita masuki juga menentukan keberhasilan menggarap target pasar.
Promotion: Ketiga P yang lain tak akan berarti tanpa promosi, yakni mengkomunikasikan produk kita kepada target pasar. Jika STP ada di level strategis, 4P bermain di level eksekusi.
Dalam proses marketing, 4P ini ada pada tahap menyalurkan customer value dan mengkomunikasikan customer value kepada pasar.
Analisa produk : KRATINGDAENG
Kratingdaeng adalah nama dagang sebuah minuman energi dari Austria/Thailand. Minuman ini dipasarkan sebagai penangkal kelelahan. Mengandung 27 gram of gula (glukosa, sukrosa), 1000 mg taurine, 600 mg glucuronolactone, vitamin B-complex dan 80 mg kafein dalam satu porsi 250 ml. Jumlah kafein ini sedikit di bawah kandungan satu cangkir kopi (100 mg) atau dua kali kandungan 1 kaleng Coca Cola. Minuman ini juga dikenal di berbagai negara sebagai Red Bull.
Kratingdaeng adalah pemimpin pasar di kategori Minuman Energi Cair. Beragam perhargaan baik ICSA dan IBBA telah diperoleh dari tahun ke tahun. Kandungannya yang mampu memulihkan stamina terbukti aman untuk dikonsumsi setiap hari.
PT.Asiasejahtera Perdana Pharmaceutical adalah nama terpercaya sebagai distributor unggul di bidang minuman energi dan kesehatan.
Sebagai distributor tunggal produk Kratingdaeng, You C1000 Vitamin, You C1000 Water, Torpedo, Red Bull, yang lebih dikenal sebagai produk minuman energi dan kesehatan yang beredar di pasaran Indonesia, PT. Asiasejahtera Perdana Pharmaceutical selalu siap untuk memberikan pelayanan dan perhatian khusus yang dibutuhkan oleh semua mitra dagang dan pelanggan dengan kualitas yang memuaskan.
Segmentasi :
Demografi, penjualan produk kratingdaeng ditujukan untuk para penduduk di Negara maju maupun berkembang yang mulai memberikan perhatian lebih terhadap minuman suplemen guna meningkatkan daya tahan. Kratingdaeng tidak menetapkan wilayah sasaran geografik. Dapat melayani semua segmen pasar. Untuk mendukung keberadaan barang kratingdaeng banyak menyebar dipasar-pasar eceran dibandingkan pedagang besar.
Targeting :
Pria dan wanita. Berusia remaja sampai dewasa. Atlet, eksekutif, pelajar, yang menghendaki stamina prima. Banyak bertempat tinggal di daerah urban dan sub urban. Berpola pikir dinamis dan energik. Lalu merambah ke pasaran anakmuda sebagai selingan lifestyle anak muda masa kini. Dulu minuman berenergi cuma dicitrakan untuk orang yang mau begadang atau pekerja keras. Dalam perjalanan waktu, orang tahu, minuman ini juga cocok untuk siapa saja yang menghendaki stamina prima, dari eksekutif, pelajar hingga pekerja pria dan wanita. Bahkan, kini semakin banyak konsumen yang mengonsumsi minuman ini rutin, setiap hari, sesuai anjuran produsen Kratingdaeng itu, tiga botol/hari.
Berani menembus semua segmen pasar dari mulai aktivitas olah raga, fun bike, basket, bulu tangkis, sponsor Olah raga, pargelaran music, acara dansa hingga klub malam. dulu minuman berenergi cuma dicitrakan untuk orang yang mau begadang atau pekerja keras. Dalam perjalanan waktu, orang tahu, minuman ini juga cocok untuk siapa saja yang menghendaki stamina prima, dari eksekutif, pelajar hingga pekerja pria dan wanita. Bahkan, kini semakin banyak konsumen yang mengonsumsi minuman ini rutin, setiap hari, sesuai anjuran produsen Kratingdaeng itu, tiga botol/hari.
Positioning :
Dari contoh produk yang tersedia, kratingdaeng memberikan manfaat untuk manambah vitalitas. Kratingdaeng cenderung lebih unggul dibandingkan merek sejenis pada unsur rasa, kandungan dan efeknya pada kebugaran tubuh pada akhirnya perilaku konsumen sebagai pengguna minuman tersebut.
Penerapan 4 P
Produk:
Produk Kratingdaeng merupakan produk liquid menggunakan kemasan botol kecil netto 125 ml. setiap kemasan mengandung berbagai multivitamin seperti vitamin B, taurin, inostol, caffeine, calcium pantothene, nicotinamide, tartrazine, dan lain-lain. Dan konsumen tidak mau mengkonsumsinya tanpa mengetahui manfaat dan efek sampingnya yang dapat merugikan kesehatan.
Produk kratingdaeng memiliki jenis kratingdaeng biasa (Kratingdaeng) dan premium (Kratingdaeng-S) yang masing-masing memiliki kandungan yang agak berbeda. Untuk jenis premium caffeinnya lebih tinggi dan ada tambahan vitamin.
Price:
Harga kratingdaeng kemasan botol dalam negeri berkisar antara Rp4.000 untuk Kratingdaeng dan Rp5.500 untuk Kratingdaeng-S. Harga yang ditawarkan memang cukup mahal dibandingkan pesaingnya (Extra joss). Harga bukan sebagai penentu dalam persaingan. Konsumen kembali lagi yang menentukan akan membeli produk yang mana.
Place:
All Convenience store, Café, Hotel, Restauran, Pusat kebugaran, warung, kantin, kaki lima, toko kelontong, lapangan golf dan Klub Malam. Kekuatan distribusi kratingdaeng banyak terbantu karena jaringan distribudi kelompok PT. ABC Artha Boga Cemerlang yang terkenal tangguh.
Promotion:
Bagi produk yang perputarannya cepat seperti minuman berenergi cair ini, iklan memang merupakan faktor yang amat penting. Minuman energi cair tergolong produk low involvement. Artinya, pengambilan keputusan tidak didasari oleh pemahaman atau pemikiran yang mendalam. Akibatnya, iklan memberi pengaruh yang sangat tinggi. Jadi, kalau TOM Ad-nya tinggi, brand share-nya tinggi. Hal ini akan semakin positif jika ditunjang distribusi yang luas. Akibatnya, produk tersebut akan meraih share yang sama atau bahkan lebih besar dari TOM Ad-nya. Periklanan menjadi salah satu hal yang penting dalam proses mambangun merek /branding. Mengenalkan produk kepada konsumen adalah salah satu tujuan dalam promosi. Periklanan yang efektif akan mengubah pengetahuan public mengenai ketersediaan dan karakteristik sebuah produk (product knowledge).
Periklanan adalah permainan kalah atau menang. Jika slogan tanpa arti, itu tidak membantu mereknya. Seperti slogan kratingdaeng “ mengembalikan stamina yang loyo’’yang merupakan tag line yang bisa diterima konsumen.
Deskripsi advertisment Kratingdaeng
Seorang wanita disini memakai endorser ‘titik puspa ‘yang usianya lebih dari 60 tahun, wanita yang dikatakan sudah tidak berusia muda ini mengkonsumsi kratingdaeng sudah sejak lama sehingga memiliki kondisi yang masih prima sampai saat ini.
Diduetkan dengan para anak muda dewasa yang energik “boys band project pop“ mengambarkan sekelompok anak muda dewasa yang selalu energik dan berkretivitas setelah mengkonsumsi kratingdaeng. Dengan slogan yang didenggungkannya “isinya pas, manfaatnya gak main-main” dengan jinggel lagunya yang cukup popular. Dengan slogannya, para anak muda tersebut mengajak konsumen untuk mengkonsumsi kratingdaeng karena untuk memberikan manfaat yang juga tidaklah main-main. Isinya pas, ini pun bias dijelaskan kalau produk ini terjangkau untuk dibeli oleh para konsumen.
– What do we need to say.
Keseimbangan antara kesehatan, kebugaran.
– Tonality.
Kretif, energik, dinamis.
– Brand ide.
MENGEMBALIKAN STAMINA YANG LOYO
– Brand personification.
Bila Kratingdaeng adalah sosok manusia super, dia adalah seorang wonderwomen bukan catwomen. Dalam perbandingan lain adalah banteng bukan kerbau.
– Mandatory.
Merek dan logo ‘Kratingdaeng”. Minuman sebagai penambah tenaga. Dengan simbolnya dua banteng yang saling berhadapan mangartikan kuatnya tenaga setelah mengkonsumsi kratingdaeng.
– Advertising Requirment.
TV commercial, iklan cetak untuk Koran dan majalah.
– Even promotion.
Dikegiatan lini bawah , Kratingdaeng aktif berpromosi. Tahun 1994 menjadi sponsor tunggal siaran pertandingan Thomas dan Uber cup. Sejak itu Awareness terhadap poduk meningkat pesat.
-Di kegiatan aktivitas olah raga menggelar acara fun bike, juga pergelaran musik, acara dansa hingga klub malam.
-Kratingdaeng berusaha masuk kesemua kegiatan yang membutuhkan energy.
KESIMPULAN
Dari analisa singkat terhadap STP dan 4P terhadap produk minuman suplemen cair Kratingdaeng, dapat kita ketahui kekuatan Kratingdaeng yang membuat produk ini menguasai pangsa pasar minuman sejenis di indonesia lebih dari 50 % pangsa pasar.
– Kratingdaeng cenderung lebih unggul dibandingkan dengan dengan merek sejenis pada unsur kualitas produk.
– Unsur rasa “taste” kandungan dan efek pada kebugaran tubuh menjadi faktor yang menentukan konsumen memilih produknya. Setiap Negara memilki taste yang berbeda dipengaruhi factor budaya, geografis, perilaku konsumen.
– Berani menembus semua segmen pasar dari mulai aktivitas olah raga, fun bike, basket, bulu tangkis, sponsor Olah raga, pargelaran music, acara dansa hingga klub malam.
– Gencarnya promosi di media massa, TVdan sponsor dalam event-event tertentu.
– Kekuatan distribusi jaringan kelompok PT. ABC yang terkenal tangguh.
ANALISIS INDUSTRI
1. Potensi Pasar
- Untuk memperkirakan jumlah permintaan terhadap produk
- Diperoleh dari perhitungan jumlah pembeli potensial
MP = ∑PP x TP x CBP
MP = market Potensial
PP = pembeli potensial
TP = tingkat penggunaan produk/waktu
CBP = harga beli konsumen (harga jual)
2. Market Size
- Jumlah penjualan riil suatu produk yang dilakukan perusahaan dalam satu industri selama kurun waktu satu tahun
MS = Q x P
Ø Untuk produk yang baru dalam tahap perkenalan dan benar2 produk baru (inovasi) pasti belum memiliki ukuran pasar, teteapi memiliki ukuran potensi pasar.
3. Total Sale Revenue (TSR)
TSR = ∑Q1.P1 + ∑Q2.P2 + ∑Q3.P3 + ∑Q4.P4
Keterangan
Q1.P1 = jumlah unit terjual kepada distributor kali harga DBP
Q2.P2 = jumlah unit terjual kepada wholeseller kali harga WBP
Q3.P3 = jumlah unit terjual kepada retailer kali harga RBP
Q4.P4 = jumlah unit terjual kepada konsumen kali harga CBP
4. Pertumbuhan Pasar (market growth)
MG = (SRt – SRt-1 / Srt-1) x 100 %
Keterangan
MG = market growth
SRt = sales revenue perusahaan pada periode t
SRt-1 = sales revenue perusahaan pada periode t-1
Proses Pemasaran
Dibagi dalam 4 tahap :
Ø Proses menganalisi peluang pemasaran
Ø Memilih pasar sasaran
Ø Menyusun bauran pemasaran
Ø Mengelola upaya pemasaran
Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Strategi Perusahaan
1. Target konsumen
2. Bauran pemasaran
3. Rencana, penerapan, pengendalian dan analisis pemasaran
4. Perantara, pemasok, publik, pesaing
5. Lingkungan :
- Demografi-ekonomi
- Teknologi-alam
- Sosial budaya
- Politik-hukum
Implementasi pemasaran adalah proses yang mengubah strategi dan rencana pemasaran menjadi tindakan pemasaran dalam rangka mencapai tujuan
Pengendalian pemasaran adalah proses pengukuran dan pengevaluasian strategi dan rencana pemasaran, pelaksanaan tindakan koreksi untuk memastikan bahwa tujuan tercapai.
Kemungkinan kondisi S dan D
Demand jelas-supply jelas disebut opportunity recognition
Demand tidak jelas-supply jelas disebut opportunity seeking
Demand jelas-supply tak jelas disebut opportunity discovery
Demand tak jelas-supply tak jelas disebut oppotunity creating

makasih bnyak ka
BalasHapus